Menu

Wednesday 14 December 2016

Membuat Sections, Categories dan Articles di joomla 1.5



Hay sobat blogger pada pagi ini saya akan melanjutkan artikel belum yaitu Installation Joomla 1.5 dengan Server XAMPP di windows 7 . 
 Sekarang kita akan menambahkan  Sections, Categories dan Articles di website kita 
Manajemen artikel pada Joomla terletak pada
“section” dan “categories”, dalam section dapat berisi banyak categories dan dari categories dapat berisi banyak “articles”.
1. Klik menu menu Content >>Section Manager untuk membuat section
2. Kemudian klik tombol “new” pada bagaian kanan atas
3. Isi form “Title” dan “Alias” sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada contoh ini kita buat dengan title “berita” dan alias “berita”
4. Setelah selesai makan Anda dapat menekan tombol “save”, berikut tampilan setelah Anda berhasil.
5. Selanjutnya Anda bisa membuat “category ” pada section  “berita” tersebut. Caranya klik menu Content>>Category Manager. Pada contoh kali ini kita buat category “kampus”, “nasional” dan “internasional”. Caranya lakukan seperti nomor 2-4 satu per satu.
6. Langkah selanjutnya adalah kita menuliskan artikel pada website. Caranya Anda bisa meng-klik menu Content>>Article Manager. 
7.Untuk membuat artikel baru Anda bisa menekan tombo “Next” pada bagian kanan atas. Isi kolom-kolom yang tersedia, akan lebih cepat jika Anda sudah menuliskan misalnya di ms word, jadi Anda tinggal mengkopikannya saja.
8. Terakhir klik tombol “save” pada bagian kanan atas. Untuk melihat hasilnya, Anda dapat meng-klik tombol “Prewiew” yang terletak pada bagian kanan atas.

Demikianlah semoga ilmu ini bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa tinggal keritik dan saran kalian di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment