Menu

Friday 30 June 2017

Aplikasi Pendukung untuk Belajar Pemrograman Web


Hay..හ...Kembali di blog saya kali ini saya akan mengupload artikel tentang mengenai aplikasi pendukung dalam
belajar pemrograman web dalam ini tool yang digunakan tidak cukup banyak karena mengingat artikel yang saya upload kali ini berhubungan dengan bahasa pemrograman web yang dasar yaitu html dan css. Tools yang dibutuhkan untuk belajar HTML tidak sulit didapat. Teman-teman cukup menggunakan Notepad atau bisa menggunakan Notepad ++ yang sudah kami sediakan.
Sebelum kita mempelajari HTML dan CSS, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Seperti penginstallan aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan dan aplikasi-aplikasi pendukung dalam mempelajari HTML dan CSS.

 Web Browser

Web browser adalah perangkat utama yang akan kita gunakan untuk menampilkan halaman web yang pada dasarnya terbuat dari HTML dan CSS. Saya yakin di setiap komputer telah terinstall Web Browser bawaan seperti Internet Explorer (Windows), Safari (Mac) dan Firefox (Linux Ubuntu).


Setiap browser memiliki perbedaan dalam hal menampilkan halaman web dan fitur-fitur yang didukung dalam HTML dan CSS. Boleh jadi halaman web yang anda buat ditampilkan benar pada salah satu browser namun acak-acakan pada browser lainnya. Untuk itu perlu beberapa browser yang terinstall dalam komputer anda untuk menguji penampilan website yang dibuat.

Berikut ini adalah beberapa browser yang dapat anda download dari Internet serta review singkat.

Firefox


Web browser ini bisa dikatakan web browser yang paling disenangi oleh para developer web karena kekayaannya dalam hal Add-on1. Anda dapat mendownloadnya di http://firefox.com

Google Chrome




Google Chrome adalah web browser besutan Google yang memiliki beberapa keunggulan. Chrome bisa dikatakan browser yang sangat ringan, cepat2 dan kaya akan aplikasi/Add-on. Selain itu Chrome menggunakan engine3 Webkit, engine browser yang rata-rata mendukung fitur-fitur terbaru dari teknologi HTML dan CSS. Anda dapat mendownloadnya di http://google.com/chrome. Sebenarnya masih banyak aplikasi browser yang dapat digunakan namun saya haya memberikan browser yang sering digunakan saja oleh para pengguna komputer dan para devoloper web lainnya.

Text Editor

Untuk membuat halaman Web anda memerlukan sebuah text editor. Jika anda mempunyai Adobe Dreamweaver, saya sarankan untuk tidak menggunakannya, Mengingat anda masih dalam tahap belajar. Text editor yang akan kita gunakan adalah text editor ringan namun penuh dengan fitur yang sangat membantu dalam proses Coding(Penulisan Kode) HTML dan CSS yaitu menggunkan notepad ++ mungki kalian yang menggunakan sistem operasi windows kalian sudah yang namanya notepad namun ini tidak menarik...Saya sarankan menggunakan notepad ++ karena aplikasi ini riangan dan memiliki fitur-fitur programing.

Hasil gambar untuk notepad ++


Anda dapat mendownload Notepad++ di

http://notepad-plus-plus.org

Demikianlah artikel ini jangan pernah bosan untuk mengujungi blog saya...

4 comments:

  1. keren banget nih tutorial pemorograman nya
    kalo ada yang butuh referensi belajar codeigniter dasar atau tutorial pemrograman dasar
    kunjungin web ini https://educatecode.com/tutorial-codeigniter/

    ReplyDelete
  2. Oke..gan Terima kasih kunjungannya

    ReplyDelete
  3. Chrome nenurut saya masih lebih bagus untuk pemograman web. Apalagi browser ini didukung oleh perusahaa. Raksasa seperti google. Pastinya mendukung banyak platform.

    ReplyDelete
  4. Oke gan thanks masukannya, ane juga berpikir seperti itu ditambah lagi chrome tidak banyak pakai RAM jadi komputer tidak terbebani

    ReplyDelete