Menu

Saturday 17 June 2017

Fungsi dan Jenis Presentasi Video

Hai hai hai........ Ketemu lagi nih di post saya yang baru. Kali ini, saya akan membahas tentang fungsi dan jenis presentasi video. Sebelumnya, apa sih tentang Presentasi video sendiri?

Video Presentasi adalah sebuah video untuk
mengomunikasikan ide atau pendapat, yang digunakan untuk memperkenalkan produk atau cara kerja yang dibuat melalui proses merekam gambar dan suara.
Di presentasi video ini terdapat 2 kegiatan, yaitu :

1. Video proses. Video proses ini biasanya diambil dari kamera gadget, handycam, atau bisa di kamera dslr yang memenuhi spek video.

2. Screen Recording. Screen recording biasanya diambil di kamera laptop, atau pc.
Keberhasilan presentasi video ini tergantung kepada keterempilan menemukan ide untuk menemukan solusi memecahkan suatu masalah dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan produk dan jasa. Nah, ide tersebut biasanya dituangkan dalam bentuk presentasi video.

Prsentasi video berfungsi sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan melalui penyajian suatu produk yang telah dihasilkan. Bisa juga sebagai sarana untuk mengomunikasikan ide atau gagasan. Nah, presentasi video ini harus mengemukakan keunggulan ide atau gagasan yang akan disampaikan. Ide atau gagasan sendiri merupakan upaya untuk mengatasi masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Gagasan atau konsep adalah hasil pemikiran yang lahir sebagai solusi untuk mengatasi masalah. Pada dasarnya, masalah adalah kesenjangan antara kenyataan dan harapan. 

Perlu pelatihan mengidentiļ¬kasi masalah. Mampu mengidentiļ¬kasi masalah merupakan setengah langkah untuk kemudian menemukan solusi sebagai satu langkah berikutnya. Gagasan atau konsep pada presentasi video, harus dan lebih bagus menggunakan ide yang asli, benar, bermanfaat. Asli, artinya gagasan atau konsep bukan hasil pemikiran orang lain, hasil kreativitas sendiri, bukan plagiasi. Tidak menyalahi kaidah keilmuan, tidak bertentangan dengan norma atau aturan. Bermanfaat, artinya menjadi solusi bagi banyak orang.

Lalu apa saja jenis-jenis dari video?

Cerita : Video yang bertujuan untuk memaparkan suatu cerita.


Dokumenter : Video yang bertujuan merekam sebuah kejadian atau sebuah peristiwa.



Berita : Video yang bertujuan untuk memaparkan sebuah berita.


Pembelajaran : Video yang bertujuan untuk memberikan materi pembelajaran.



Presentasi : Video yang bertujuan mengemukakan suatu ide atau gagasan.


Sekian dulu artikel kali ini tetap berkunjung ke blog saya untuk mendapatkan informasi dan software terbaru.

No comments:

Post a Comment