Menu

Tuesday 4 July 2017

Membuat DHCP Client di Router Mikrotik

Hay....Sobat sebelum saya telah upload artikel tentang Membuat DHCP Server di Router Mikrotik maka dalam artikel ini saya akan mengupload artikel yang bertentang membuat DHCP Client di router mikrotik, hal ini di perlukan ketika kita tidak mengetahui IP Address Public atau IP INTERNET dari jaringan sumber internet kita dalam artikel kasusnya dari pihak ISP atau Internet Service Provider dalam hal ini kabel sumber ini dimisalkan dicolokan ke Ether1 (Ether yang terhubung ke internet).

DHCP Client ini disangat diperlukan pada saat kita tidak tahu IP Address dari jaringan tersebut. DHCP Client pada router mikrotik yaitu Router Mikrotik berusaha untuk meminjam IP Address dari server pusat ataupun ISP. Berikut ini sekilas toplong dalam kasus ini.

Untuk Kongfigurasinya silakan ikuti langkah berikut


Pertama klik menu IP setelah itu pilih DHCP Client lalu klik tanda plus(yang dilingkari no.3) lalu pilihlah interface Ether1 ( Ether yang terhubung ke Sumber Internet atau ISP) kemudian klik OK. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.


Untuk melihat apakah Router Mikrotik sudah mendapatkan IP Address atau belum dapat IP Address silakan lihat distatus nya jika tulisnya BOUND maka itu tandanya Router Mikrotik telah mendapatkan IP Address dari ISP atau  Sumber Internet/Pusat Internet.

Dan kalian tinggal centang Allow Remote  Requests di IP DNS. jangan lupa juga atur Masquerade nya. Cara lihat artikel ini Membuat DHCP Server di Router Mikrotik.

Demikianlah artikel ini saya buat agar dapat membantu kalian yang lagi belajar atau lagi baca-baca buat nambah wawasan kita semua. Semoga Bermanfaat.

14 comments: