Menu

Saturday 31 December 2016

Simulasi Visual | Simulasi Digital




Hay sebelum saya telah membahas materi Presentasi Video untuk Branding dan Marketing dan kali saya membahas materi simulasi visual .Informasi tidak hanya disampaikan dalam bentuk presentasi video dan kominikasi biasa(bertatap muka). Simulasi visual dalam bentuk 2D dan 3D merupakan salah satu wujud komunikasi informasi pada
rangka menyampaikan informasi. Penyampaian informasi pada simulasi visual lebih menekankan pada gambar atau dalam bentuk film animasi. Informasi yang disampaikan dengan simulasi visual lebih rumit bila dibandingkan dengan presentasi video. Selain lebih rumit, juga membutuhkan ketelitia, waktu, dan kemampuan yang tinggi dalam pembuatannya.Pengunaan jenis-jenis simulasi visual pastinya tegantung pada kebutuhan, tujuan pembuatannya, dan perlengakapan pendukung seperti komputer dan perangkat lunak lainnya. Simulasi visual hanya menggambarkan  suatu objek yang akan dikomunikasikan saja. Sementara hasil virtualisaisi merupakan ilustrasi atau diskripsi animasi yang mendukung presentasi video.
A.Definisi Simulasi Visual
Pernakah kalian menyaksikan film Spongbob, Dragon Ball, Doraemon, dan sebagainya? Tahukah kamu bagaimana cara pembuatannya?Aplikas apa yang digunakan untuk membuat film tersebut?Semua pertanyaan tersebut dapat terjawab pada materi berikut ini.
a.      Definisi Simulasi Visual
Simulasi visual adalah media untuk menyampaikan ide atau konsep dalam bentuk simulasi visual (audio dan visual). Simulasi visual penyajiaannya dalam bentuk audio dan video.Dengan adanya simualsi visual ini dapat memperlancar penyampaian informasi dan mampu memperkuat ingatan sesuai dengan tujuan penyampaian informasi. Supaya penyampaian informasi dengan simulasi visual menjadi efektif, alangkah baiknya visual ditempatkan pada konteks yang bermakna, audien atau peserta didik berintraksi dengan visual tersebut untuk menyakinkan terjadinya proses informasi. Berdasakan uraian diatas, dapat disimpulan bahwa simulasi visual ialah media yang gunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk grafis berdasarkan perubahan dari kondisi yang ada.
b.      Jenis Simulasi Visual
Masing-masing simulasi visual tersebut penggunaannya berbeda, bergantung dari tujuan dan kebutuhan.
1.      Simulasi visual 2D, adalah simulasi dengan dimensi datar,dalam segi teknis simulasi ini dibuat dalam software pengolah grafis 2D animasi, misalnya adobe flash,  after effect, toonboom, dan lainnya. Simulasi 2D dapat didefinisikan sebagai bentuk yang terdiri panjang dan lebar. Grafik 2D dalam penggambarannya yang mana setiap titik terdiri dari sumbu x dan y.
2.      Simulasi visual 3D, ialah simulasi dengan memilii dimensi bentuk ruang dan kedalaman pada objek yang di buat. Pengetian grafis 3D merupakan sebuah titik, garis , gamabr yang saling menghubungkan membentuk jaring-jaring sehingga menjadi sebuah bentuk grafis 3D.Software pengolah grafis yang dipakai dalam simulasi 3D misalnya nlenderm, 3dsmax, Lightwave, dan lainnya.                     
3.      Fungsi Simulasi Visual
Perubahan  animasi dari 2D menjadi 3D telah merubah bagaimana penyampai gagasan secara visual yang lebih menarik. Sebagai contog, apabila dulu iklan yang ditanyakan bersifat statik, saat ini iklan telah menggunakan teknik animasi 3D.Simulasi visual memiliki fungsi sebagai media untuk menyampaikan gagasan baik untuk komersial maupun penyampaian materi pelajaran.Simulasi visual sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk mempermudah penyampaian kondep atau ide yang bersifat abstrak sehingga menjadi lebih nyata. Fungsi simulasi visual yang lainnya misal berfungsi sebagai media untuk menyampaikan informasi dalam bentuk rekaan dalam bentuk digital. Peran simulasi visual baik 2D maupun 3D membantu audien atau peserta untuk menerima informasi.
Berikut salah satu contoh simulasi visual untuk presentasi :
Demikianlah untuk materi selanjutnya akan saya lanjutkan pada kesempatan berikutnya dan jangan lupa berikan keritik dan saran kalin untuk materi ini di kolom komentar bawah. 

No comments:

Post a Comment