Menu

Thursday 29 June 2017

Mengenal Sistem Input Output pada Komputer

Pada kalian saya membuat artikel materi dari mata pelajaran sistem komputer yang semoga dapat mambantu kalian semua. Oke langsung saja dibaca ..


A. Sistem Input Komputer
     Komputer terdiri dari komponen-komponen yang membentuk suatu sistem agar komputer tersebut dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Komponen dalam suatu PC terdiri dari unit input,unit proses, dan unit output.

1. Mengenal  Sisten Komputer
    Menurut Blissmer(1985), komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perinyah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. Agar komputer dapt digunakan untuk mengolah data maka pada komputer haris terbentuk suatu sistem yang dinamakan sistem komputer.

Sisten komputer memiliki tiga komponen utama, yaitu : CPU, Memory(primer dan sekunder), dan peralatan masukan/keluran(I/O) seperti printer, monitor, keyborad, mouse dan modem.

Sedangkan tujuan utama dari suatu sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilakan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras(hardware), perangkat lunak(software) dan brainware.

Cara kerja komputer berdasarkan pada struktur komputer. Struktur komputer didenfinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen agar saling terkait.

2. Pengertian Sistem Input(Masukan)
Pengertian Input(masukan) adalah ebergi yang dimasukan ke dalam sistem dan menentukan keluaran sistem. Input dapat berupat Signal input dan maintenance input.
Signal Input adalah data yang masukan ke dalam komputer, Sedangkan Maintenance Input adalah program yang digunakan untuk megolah data yang dimasukkan.

B. Teknik Input/Output
Input/Output(I/O) merupakan suatu mekanisme pengiriman data secara tertahap dan terus menerus melalui suatu aliran data dari proses ke piranti(begitu pula sebaliknya). I/O berfungsi untuk mengimplemntasikan algoritma I/O pada level aplikas. Unit Input/Output (I/O) adalah bagian dari sistem komputer mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor  itu untuk berhubungan dengan dunia luar, bagaimana mekanisme kerja I/O .

Dalam Input Output terdapat dua bagian yang penting yaitu :
1. Mekaanisme I/O yaitu perngakat dari input dan output itu sendiri.
2.Pengontrol I/O(I/O Controller/System I/O), Komponen yang mengatur aliran informasi antara perangkat I/O dan komputer.

Sistem Input Output merupakan teknik data dari input/output ke dalam komputer. Prinsip perangkat input/output yaitu Efisiensi dan Generalisas(Device Independence). Adapun manajeman Input Output adalah sebagai berikut :
1. Mengirim perintah ke perangkat I/O agar menyediakan layanan.
2. Menangani intruksi peralatan  I//O.
3. Menangani kesalahan pada peralatan I/O.
4. Memberi interface ke pemakai

Terdapat tiga buah teknik operasi I/O yaitu I/O terprogram, interrupt-driven, dan DMA (Derrect Memory Access).

C. Pemroes dan Sisten Output Komputer
Salah satu komponen utam dari sistem  komputer alah pemroses. Pemroses sering disebut dengan CPU. Pemroses betugas mengendalikan operasi komputer dan melakukan pengolahan data.

1.Perangkat Pemroses
Alat pemroes merupakat alat dimana instruksi-intruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilakan di alat output. Sedangakan perangkat pemroses adalah prosesor atau mikroprosesor, akantetapi pengguna biasa menyebutnya sebagai CPU(Central Prosesor Unit). CPU mempuyai tugas yakni melaksanan dan mengawal keseluruhan operasi komputer. CPU disebut sebagai otak komputer karena hampir seluruh pemikiran dilaksanan CPU.
CPU memiliki tiga komponen utama yaitu :
1. Unit kendali (Control Unit-CU)
2.Untuk Aritmatika dan Logika (Arithmatic Logic Unit-ALU)
3. Komponen register yang berfungsi membantu menghubungkan interface dari dan ke memori.

Prosesor memiliki desain koneksi pada motherboard yang berbeda-beda, koneksi tersebut berupa solet atau slot, Merk-merk prosesor yang dikenal antara lain  intel, AMD atau Motorolla.

Hasil gambar untuk motherboard

Motherboard merupakan peralatan yang paling utam terdapat padan susnan komputer direnakan sebagai tempat bergantungkannya semua komponen dalam komputer. Komponen yang sedapat pada motherbard tersebut misalnya mikroprosesor, cipset, memory, basic input/output dll.

2. Sistem Out Komputer 
Sistem komputer adalah hasil dair suatu proses atau aktivitas menerima data dair hasil pengolahan pada bagian pemroses. Perangkat keluran (Output) adalah digunakan untuk menampilkan hasil pemroessan yang dikerjakan.

No comments:

Post a Comment