Penerapan Komunikasi Daring
(online)
Hay sobat blogger kali ini saya akan melanjutkan materi sebelum baca disini. Oke langsung saja kita bahas...
1.Persiapan Komunikasi dalam Jaringan (Daring/Online)
1.Persiapan Komunikasi dalam Jaringan (Daring/Online)
Jaringan komputer
merupakan ekupulan komputer berjumlah banyak yang terpisah-pisah akan tetapi
saling berhubungan dalam melaksanankan tugasnya.Berbicara mengenali jaringan
komputer, maka ditekankan pada dua aspek, yaitu perangkat keras dan perangkat
lunak.Perangkat keras meliputi jenis transmisi dan bentuk-bentuk jaringan
komputer atau topologi.Sedankan dalam pembahasan perangkat lunaknya akan
meliputi susunan protokol dan perjalanan data dari satu komputer ke komputer
lain dalam suatu jaringan.
a.Perangakt Keras
Dalam komunikasi
online, perangkat komputer adalah unsur penting.Melalui komputer semua
komunikasi data akan dikirim, diolah, dan diterima.Perangkat komputer terdiri
dari komponen-komponen yang terintegrasi satu dengan lainnya seperti
monitor,CPU,,peralatan input(mouse,keyboard, scanner, dan sebagainya) dan
output(printer, plotter, speaker dan proyektor).
b.Perangkat Lunak
Jaringan komputer
merupakan suatu kompulan lapisan atau layer.Masing-masing layer tersebut
mendukung kinerja lapisan atau layer yang ada diatasnya.Misalnya layer 1
mendukug kinerja layer 2, layer 2mendukung kinerja layer 3, dan
seterusnya.Masing-masing layer tersebut memilik protokol.Protokol adalah aturan
suatu “percakapan” yang dapat dilakukan.Protokol mendefinisikan format, urutan
pesan yang dikirim dan diterima antar sistem pada jaringan dan melakukan
operasi pengiriman dan penerimaan pesan.Perangkat lunak yang digunakan dalam
jaringan komputer ada OSI (Open System Interconnection) dan TCP/IP(Tranfer
Control Protokol/Internet Protocol.
Dalam setiap komunikasi
memerlukan aplikasi yang menjembatani antara perangkat keras dengan
pengguna.Aplikasi pula yang menjadi perantara dalam setiap komunikasi data atau
informasi .Aplikasi-aplikasi yang dapat
digunakan dalam berkomunikasi daring misalnya yahoo, Gmail, Hangouts, Yahoo
Messenger, Skype, Mirc, dan lainnya.
2.Pelaksananan Komunikasi dalam Jaringan(Daring/Online)
Berikut ini beberapa langkah-langkah pelaksanaan komunikasi dalam
jaringan.
a.Memulai Komunikasi dengan Hangouts
Untuk dapat chatting menggunakan
Hangouts, hal wajib dimiliki adalah akun atau email google(gmail).Berikut ini
beberapa langkah untuk menjalankan aplikasi Hangouts.Setelah proses install
google hangouts selesai, kamu dapat segera login ke akun gmail.
1.
Klik tombol sign in, kemudian akan terbuka tab baru pada browser Google
Chrome.
2.
2.Sign in ke akun google, masukkan email dan kata sandi, kemudian klik
tombol “masuk”.
3.
Lihat kembali notifikasi di sudut kiri bawah.Jika proses sign in
berhasil, maka ikon tersebut akan berubah warna menjadi hijau.Klik tombol
tersebut.Maka akan terbuka jendela chatting baru.
4.
Untuk pertama kalinya belum ada daftar chatting tambahkan dengan
mengklik tulisan “start a new one”.
5.
Klik pada nama teman yang akan dituju untuk memulai chatting.Kita dapat
chatting dengan lebih dari satu orang sekaligus.
6.
Ketikan kalimat atau text yang ingin dikirim pada kolom paling bawah,
kemudian klik enter pada keyboard anda untuk mengirim percakapan.
b.Etika Komunikasi dengan dalam Jaringan
Dalam melakukan
komunikasi jaringan harus memperhatikan beberapa aspek,Karena saat melakukan
komunikasi di dunia maya sama halnya dengan komunikasi di dunia nyata.
2.Tindak Lanjut Komunikasi Daring(Online)
Informasi merupakan
hasil dari pengolahan data.Informasi dapat berbentuk fisik dan nonfisik.Informasi
fisik merupakan informasi yang telah di cetak pada kertas.Sendangkan informasi
nonfisik merupakan informasi yang terdapat pada media elektornik atau dalam
media penyimpanan seperti harddisk.
1.
Komunikasi
Informasi yang telah
diperoleh dapat dikomunikasikan untuk keperluan diri sendiri maupun orang
lain.Apabila informasi untuk orang lain seperti organisasi, maka perlu
dikomunikasikan, sehingga orang lain juga memahami informasi tersebut.Sebagai
contoh adalah seorang manajer pemsaran di sebuah perusahaan memperoleh email
dari pelanggan untuk membeli produk.Manajer tersebut akan menyampaikan
informasi kepada orang yang bersangkutan seperti bagian produksi, dan lainnya
sehingga mereka mengetahui apa yang harus
dilakukannya.
2.
Penyimpan
Tindakan informasi
selanjutnya adalah penyimpanan.Menyimpanan informasi dapat dilakukan dalam dua
bentuk, yaitu bentuk fisik dan nonfisik.Menyimpan file dalam bentuk fisik
seperti di kotak-kotak, kabinet arsip, rak arsip, dan sebagainya.Penyimpanan
file untuk keperluan pemakaian waktu yang akan datang disebut dengan
penyimpanan(storing).Informasi penyimpanan dalam bentuk nonfisik dapat
dilakukan pada harddisk komputer,flashdisk, CD, dan media penyimpanan lainnya.
3.
Penemuan Kembali
Penemuan kembali(retrieving)
merupakan suatu kegiatan untuk mencari data informasi yang sudah disimpan
apabila diperlukan oleh manajemen atau untuk pekerjaan lainnya.Cara penemuan
kembali bergantung pada cara penyimpanan.Misalnya, penyimpanan manual seperti
di kabinet buku, maka pencarian dapat dilakukan sesuai dengan sistem
penyimpanan seperti, nomor arsip, nama objeck, tanggal penyimpanan, dan
sebagainnya.
4.
Reproduksi
Informasi yang diperoleh
perlu diperbanyak untuk keperluan penyebaran.Kegiatan mem[erbanyak informasi
tersebut dengan reproduksi.Kegiatan reproduksi dapat dilakukan secara manual
atau digital.Secara manual misalnya dengan mengetik ulang,dan tentunya
membetuhkan waktu yang lama.Memperbanyak secara digital dapat menggunakan
komputerisasi, seperti print out, foto copy, dan sebagainya.
Demikianlah untuk materi selanjutnya akan saya lanjutkan pada kesempatan berikutnya dan jangan lupa berikan keritik dan saran kalin untuk materi ini di kolom komentar bawah.
Demikianlah untuk materi selanjutnya akan saya lanjutkan pada kesempatan berikutnya dan jangan lupa berikan keritik dan saran kalin untuk materi ini di kolom komentar bawah.
No comments:
Post a Comment